Bagikan ini :

Ketika kita berbicara tentang desa maka tidak terlepas dari yang namanya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Dan ketika kita berbicara mengenai pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di desa merupakan hal yang sangat menarik, karena desa merupakan harapan kemajuan sebuah bangsa, sedangkan paradigma yang selama ini terjadi, banyak orang menganggap desa dan masyarakatnya tertinggal, paradigma itulah yang selama ini terbangun di pemahaman orang banyak.

Paradigma itu menjadi benar jika seolah-olah untuk sukses haruslah ke kota besar, namun itu merupakan paradigma yang sangat salah besar, bagaimanapun paradigma itu harus segera kita tinggalkan. Oleh karena itu membangun sebuah desa adalah kewajiban pemuda yang harus dilakukan.

Apalagi sekarang sangat banyak gerakan kepemudaan yang bisa menjadi wadah bagi pemuda desa dalam bekarya dan bekerja sama dengan pemerintah desa dan masyarakat untuk pembangunan desa.

Salah satu gerakan pemuda yang telah membuktikan peran aktifnya di desa adalah karang taruna, dari namanya saja kita sudah tau apa tujuan dan siapa yang memotori gerakan tersebut, “karang” artinya perkarangan dan “taruna” artinya remaja atau pemuda, artinya jelas ini merupakan organisasi yang bergerak di bidang kepemudaan.

Logo Karang Taruna

Karang taruna selain bergerak di bidang kepemudaan, organisasi ini juga bergerak di bidang sosial, pendidikan, olahraga dan lainya yang pasti untuk perkembangan pemuda khususnya dan masyarakat pada umumnya  yang bisa mendongkrak pembagunan demi kemajuan di desa.

Saat ini banyak masyarakat yang tidak tahu tentang arti dan peran dari organisasi besar karang taruna. Walaupun ada yang tahu, itu hanya sebagian kecil saja, seperti kepala desa dan pejabat desa lainnya. Mirisnya lagi, banyak masyarakat salah memahami karang taruna. Karang taruna dipandang sebuah organisasi kegiatannya hanya berhubungan dengan olahraga dan kumpul bareng saja. Akibat dari ketidaktahuan ini, produktifitas karang taruna seakan-akan terlihat sempit dan kecil bahkan nyaris hilang. Hal ini sangat tidak sesuai dengan tujuan dibentuknya karang taruna tersebut.

Karang taruna juga memiliki regulasi hukum yang jelas, artinya pemerintah desa tidak perlu takut dan ragu dalam menfasilitasi untuk pembinaan karang taruna, karena jelas dalam bebarapa regulasi hukum, pemerintah wajib memberi pembinaan kepada karang taruna.

Jika merujuk kepada Pedoman Dasar Karang Taruna, yang diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonsia No : 77 /HUK / 2010, di dalam ketentuan umum disebutkan bahwa “Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial”. Kemudian juga di sebutkan tentang tugas Karang Taruna bahwa: “Setiap Karang Taruna mempunyai tugas pokok secara bersama-sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.” Pengetian dan tugas Karang Taruna dalam Pedoman Dasar memberikan pencerahan kepada kita ternyata peran Karang Taruna bukan hanya masalah remaja saja, tetapi lebih dari itu, dan menyangkut kesejahteraan sosial. Karang Taruna memiliki tugas dan peran sebagai solusi dari masalah sosial, yang melibatkan anak-anak, remaja, pemuda dan orang tua.

Pemahaman tersebut bisa dilakukan dengan cara melakukan sosialisai oleh pemerintah desa atau yang berperan di bidang itu. Khususnya kepada seluruh Kepala Desa dan Jajarannya yang ada di Wilayah Pemerintah Kota Lhokseumawe, mulai dari sekarang sudah bisa memberi pemahaman kepada masyarakat dengan cara mensosialisasi tetang peran pentingnya Karang Taruna hadir di Desa. Setelah diberikan pemahaman, program Karang Taruna mesti diarahkan untuk pemecahan masalah sosial yang ada. Karang Taruna harus membuat Program yang bisa mendongkrak minat pemuda desa dalam membangun Desa demi terwujudnya Desa yang mandiri dan kemajuan di Desa. Dengan demikian program kerja dan tujuan dibentuknya Karang Taruna memiliki relevansi dan diakui keberadaannya oleh pemerintah dan masyarakat.

Yang pastinya kita harapkan kedepan Karang Taruna bisa menjadi lokomotif penggerak kemandirian ekonomi generasi muda yang dapat mendorong kesejahteraan sosial dalam masyarakat di setiap Desa.

Kirim Opini Anda (500-1000 Carakter) ke Email : news@karangtarunalhokseumawe.com
Bagikan ini:

Apa Komentar anda tentang Halaman/Blog ini ?